Popular Post

Popular Posts

Jumat, 18 Maret 2016

#horror Review: Keramat
hola pecinta horror, kali ini admin akan mencoba mereview sebuah film horror. kali ini sebuah film horror buatan negeri sendiri berjudul Keramat.
film ini berkisah tentang sekelompok movie maker asal jakarta yang ingin membuat film berjudul “menari diatas awan”, film itu berset di kota jogjakarta. mereka pun pergi ke kota gudek itu untuk memulai syuting, namun ternyata proses syuting di jogjakarta tidak berjalan sesuai rencana mereka. banyak hal-hal aneh terjadi, dan sekarang mereka kehilangan salah satu teman mereka yang kerasukan. akan kah mereka menemukan teman mereka? dan horror apa yang akan mereka hadapai selanjutnya…..
film ini sebenarnya bisa dibilang cukup lama, dirilis pada tahun 2009. tetapi memang admin baru nonton saat ini, maklum memang film ini tidak terlalu gembar gembor dalam promosi, atau tertutup oleh euporia film-film hollywood. tidak tau lah.
well, film ini disutradari oleh Monty Tiwa. mungkin sebagian besar sudah mengenal nama Monty Tiwa, Monty Tiwa dikenal dengan film-film nya yang selalu memiliki cerita yang tidak biasa. seperti maaf saya menghamili isteri anda dan d bijis. 
film keramat sepertinya ingin mengangkat budaya indonesia, dengan mengambil setting di jogjakarta. dari segini penggarapan film ini berkonsep self filming mirip-mirip Paranormal Activity, satu kesan yang admin dapet dari film ini. film ini indonesia sekali, unsur mistik ala adat jawa sangat kental. suasana horror di film ini juga terbangun dengan sangat alami, cukup bisa membuat penonton merinding diawal film.
unsur-unsur horror yang diangkat di film ini merupakan momok yang paling ditakuti oleh masyarakat indonesia, seperti gamelan, suara wanita menangis ditengah malam, dan kidung penyinden. dijamin orang saat menonton film yang mengandung unsur itu, langsung bergidik selama film. akting pemain film ini juga dapat diacungi jempol, mereka dapat mentransfer apa yang karakter difilm itu rasakan ke penonton. tak heran jika yang menonton film ini merasakan kelelahan dan ketakutan saat menonton film ini.
admin salut dengan aktris yang memerankan migi, aktingnya sangat bagus. dia memerankan bagaimana orang yang kesurupan dengan baik, suara melantunkan kidung layaknya seorang pesinden dikuasai dengan baik. juga perubahan suara saat kesurupan, terasa sangat real dan memang mirip dengan suara seorang wanita jawa tua. admin paling suka saat dia mengatakan “nami kulo nyi Pramudhawardhani”, suaranya sangat menyeramkan. cukup bikin brrrrr.
selain menampilkan unsur mistik yang kental, film ini juga mempunyai sebuah pesan di dalamnya. pesan itu disampaikan dalam bahasa jawa, seperti yang biasa kita temukan dipertunjukan wayang. tetapi tentu saja pesan ini tdak dapat dianggap enteng, film ini menyampaikan bahwa kita manusia jangan serakah. harus tetap mawa diri, atau alam akan murka. jika alam murka, maka akan ada hal-hal yang buruk menimpa manusia. tetapi itu karena ulah manusia juga.
kesimpulannya, film keramat bisa dibilang salah satu film horror yang berkualitas. film ini sangat lengkap, tidak hanya menakut-nakuit. tetapi juga mengandung unsur kebudayaan indonesia, dan juga pesan baik yang patut untuk kita renungkan bersama. agar kita dapat menjadi manusia yang lebih baik di kemudian hari. amin
Regards
Admin kisahhorror

- Copyright © Welcome To Blog Dendy002 - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger -